Kuliah Tamu Tentang
"Radar Malang"

Oleh : Kurniawan Muhammad
Sejarah
Radar Malang termasuk dalam Jawa Pos Group, berdiri sejak 15 Desember 1999. Dari 15 Radar di Jatim, Radar Malang merupakan media terbesar yang berlokasi di Kota Malang. Sebelum ada Radar Malang, Jawa Pos Biro Malang pada 1988 merupakan embrio Radar Malang.
Saat ini Radar Malang terdiri dari 12 halaman yang mengusung beragam berita di wilayah Malang Raya, meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Saat ini, Radar Malang merupakan koran lokal terbesar (market leader) di wilayah Malang Raya dengan oplah rata – rata per hari 35.000
Radar Malang berdiri di bawah naungan usaha PT Malang Intermedia Pers dan terdiri dari tiga divisi kerja, yakni: Divisi Redaksi, Divisi Iklan dan Divisi Pemasaran Koran. Di luar divisi tersebut, Radar Malang telah memiliki tim event organizer (EO) yang menggarap beragam kegiatan off print Radar Malang yang bekerja sama dengan mitra kerja.
Berdirinya Radar (Berita Daerah) didukung dengan diterapkannya Otonomi Daerah pada tahun 2000.
Produk yang dihasilkan oleh Jawa Pos Grup (Radar Malang)
a. Media Cetak
- Yaitu memiliki koran disemua provinsi diseluruh Indonesia.
- Punya majalah sedikitnya 100-an
- Punya tabloid sedikitnya 70-an
- Radar Malang sampai saat ini , terbesar dalam hal Oplah dan kapitalisasi (omset dan laba)
b. Media Elektronik
- memiliki 35 jaringan tv lokal.
c. Media Online
- Jawa Pos Digital
- Jawa Pos.com
- Online di seluruh daerah
d. Hotel
- News Hotel
e. Percetakan
- Temprina
f. Pabrik Kertas
- Adiprima Suraprinta
g. Power Plant (Listrik Tenaga Batu Bara)
h. Dll
Prestasi Radar Malang

1.Juara foto terbaik



2. Juara grafis terbaik
Bisnis Koran
• Khas
• Punya dua sisi yang secara “ideology” berbeda
1. Idealis à News
- Kepentingan Publik - Keinginan Publik
- Bisnis à Iklan- Keinginan Klien - Kepentingan Klien
Bisnis koran adalah khas
• Satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang (koran)
• Sisi lain produknya bisa dianggap sebagai jasa (informasi & event)
• Jam kerja yang khas (divisi redaksi)
Tantangan Bisnis Koran
1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.
2. Life Style yang berubah
-Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
-Mempengaruhi pola orang memasang iklan
3. Perubahan demografis
- Angka usia muda trennya selalu meningkat.
- Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca
What Did Radar Malang Do??
1 Strategi Konten
-Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up
2 Membuat Online berbasis Print (edisi cetak)
-Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak.
3 Strategi Dekat dengan Pembaca/Masyarakat
-News harus menjadi bagian dari solusi
-Filosofi Part of The Show (menciptakan berita yang berbeda)
4 Menggaet Minat Pembaca Muda
· -Membuat Rubrik Zitizen dengan segmen generasi Z.


5
5. Menggaet Komunitas, Keluarga, Perempuan


Divisi Radar Malang
1. Redaksi
• Membawa misi idealis
• Pemimpin Redaksi
2. Iklan
• Membawa misi bisnis
• Manajer Iklan
3. Koran, Event dan Pengembangan Bisnis
• Manajer
4. Keuangan
5. HRD dan Umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar